A.PENGERTIAN HARGA
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk dan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba peusahaaan.
B. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT HARGA
Ada 2 faktor yang mempengaruhi tingkat harga, yaitu:
1. Faktor internal
Meliputi:
- Tujuan pemasaran yang berupa biaya, penguasaan pasar, dan usaha
- Strategi marketing mix yaitu aspek harga dan non harga
- Organisasi yang meliputi struktur, skala dan tipe
2. Faktor Eksternal
Meliputi;
- Elasitisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar
- Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap peerubahan harga
- Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro (pemasok, penyalur, asosiasi dan masyarakat), maupun lingkungan makro (pemerintah, cadangan sumberdaya, keadaan sosial, dsb).
C. KEPUTUSAN TENTANG HARGA
Keputusann harga dapat dibatasi oleh permintaan, biaya dan persaingan. Tingkat harga akan bergerak berfluktuasi dalam ruang gerak persaingan mengikuti kekeuatan pesaing yang lebih besar. Akan perubahannya tetapi tidak akan sampai melebihi batas harga tertinggi dari permintaan pasar maupun tidak akanlebih rendah dari biaya yang ditanggung produsen.
D. PROSES PENETAPAN HARGA
Proses penetapan harga ini ditujukan untuk produk baru. Langkah proses penetapan harga:
1. Memilih tujuan dan orientasi pasar
2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
3. Memperkirakan biaya dan perilakunya
4. Melakukan analisis perilaku pesaing
5. Menentukan strategi harga
6. Menyesuaikan harga akhir
E. HARGA BERDASARKAN KEUNTUNGAN TERTENTU
Harga ditentukan menurut perhitungan biaya dan target keuntungan yang diharapkan. Besarnya keuntungan dapat merupakan presentasi dari biaya (cost-plus), harga perolehan (mark-up) atau harga jualnya. Melalui perilaku biaya (tetap maupun variabel) dapat diperhitungkan tingkat atau volume penjualan impas (break-even point). Berdasarkan tingkat tersebut dapat ditargetkan besarnya keuntungan.
DAFTAR PUSTAKA:
BUKU UNIVERSITAS GUNADARMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar