Rabu, 15 Januari 2014

KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

A.   PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMECAHAN MASALAH
Masalah adalah sebagai suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian luar biasa atau menghasilkan keuntungan luar biasa. Pemecahan masalah adalah tindakan memberi respons/jawaban terhadap masalah untuk menekan akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungannya.
Dalam memecahkan suatu masalah harus ada yang namanya pengambilan keputusan. Keputusan adalah pemilihan strategi atau tindakan. Maka pengertian Pengambilan keputusan adalah tindakan memilih strategi yang diyakini manajer akan memberikan solusi yang terbaik atas masalah tersebut. Jadi, kunci pemecahan masalaah adalah mengidentifikasikan berbagai alternatif dari keputusan.
Pengambilan keputusan dan Pemecahan masalah:
·         Dalam Pemecahan masalah akan muncul bermacam banyak keputusan yang akan dipilih.
·         Pengambilan Keputusan : pemilihan strategi atau aksi yang diyakini oleh actor akan menghasilkan solusi terbaik atas masalah tersebut.
·         Salah satu kunci pemecahan masalah adalah identifikasi berbagai alternative keputusan.

B.    ELEMEN PEMECAHAN MASALAH
Terdapat 7 elemen pemecahan masalah:
1.      Masalah
2.      Standard
3.      Informasi
4.      Berbagai macam solusi
5.      Kendala
6.      Pemecah masalah
7.      Solusi

C.    PROSES PEMECAHAN MASALAH DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN
Konsumen menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1.      Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan, misalnya pembelian rumah. 
2.      Tersedianya waktu yang memadai untuk pertimbangan yang mendalam untuk membeli produk.
3.      Terdapat tingkat keterlibatan yang tinggi dalam menyertai pembelian. 

Terdapat 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian :
a)      Motivasi merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu. 
b)      Persepsi merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut. 
c)      Pembentukan sikap merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang akan suatu hal.
d)     Integrasi merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.
e)      Pembelajaran merupakan proses belajar yang dilakukan seseorang setelah membeli produk tersebut dengan melihat apakah produk tersebut memiliki kegunaan dan akan dijadikan sebagai alternatif dalam pembelian selanjutnya.

D.   IMPLIKASI PADA STRATEGI PEMASARAN
Penetapan strategi akan tergatung pada bagaimana proses keputusan dilakukan oleh pembeli. Implikasi strategi perilaku konsumen akhir akan dapat dilihat apakah konsumen mengambil keputusan pembelian dalam situasi yang komplek, atas dasar kebiasaan atau karena tidak banyak membutuhkan pertimbangan khusus untuk melakukan pembelian.
Pengambilan keputusan kompleks
Proses pengambilan dalam situasi yang komplek pada umumnya menganut pola:
·         Kebutuhani
·         Pemrosesan informasi oleh konsumen
·         Kebutuhan
·         Pemrosesan informasi oleh konsumen
Semua ini saling berhubungan sebagai pengambilan keputusan.
-          Munculnya kebutuhan akan suatu produk dapat disebabkan factor demografis, psikografis atau lingkungan eksternal lainnya.
-          Adanya kebutuhan yang belum terpenuhi akan mendorong seseorang untuk mencari informasi dan lebih tanggap terhadap rangsangan atau stimuli yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan itu. Contohnya melalui iklan , teman dan sebagaimya.
-          Konsumen akan melakukan evaluasi terhadap berbagai merek produk yang di peroleh selama proses pencarian informasi
-          Proses pembelian dilakukan setelah dilakukan evaluasi terhadap berbagai criteria.
-          Perilaku pasca pembelian adalah meerupakan proses evaluasi setelah seorang konsumen mempelajari atau mengetahui lebih dalam tentang produk yang di beli, seperti kepuasan, ketidak puasan, dan pertentangan.
Segmentasi pasar
Studi tentang proses keputusan pembelian dilakukan untuk menentukan segmen pasar dan pada akhirnya target pasar yang akan dilayani dengan produk perusahaan. Sebagai contoh, dalam pembelian kamera, informasi yang diperoleh mungkin dapat dipergunakan untuk membagi pasar kamera berkualitas ke dalam dua segmen: feature-oriented segment, dan self confidence, quality-oriented segment.
Pengembangan produk
Pemahaman terhadap kebutuhan konsumen akan berpengaruh terhadap proses pengembangan produk.
Penempatan posisi produk dalam persaingan
Pemahaman terhadap proses keputusan pembelian yang kompleks juga akan menentukan ketepatan pemasar untuk memilih dan menempatkan posisi produk dalam persaingan.


SUMBER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar