A.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMECAHAN MASALAH
Masalah
adalah sebagai suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian
luar biasa atau menghasilkan keuntungan luar biasa. Pemecahan masalah adalah
tindakan memberi respons/jawaban terhadap masalah untuk menekan akibat buruknya
atau memanfaatkan peluang keuntungannya.
Dalam
memecahkan suatu masalah harus ada yang namanya pengambilan keputusan.
Keputusan adalah pemilihan strategi atau tindakan. Maka pengertian Pengambilan
keputusan adalah tindakan memilih strategi yang diyakini manajer akan
memberikan solusi yang terbaik atas masalah tersebut. Jadi, kunci pemecahan
masalaah adalah mengidentifikasikan berbagai alternatif dari keputusan.
Pengambilan
keputusan dan Pemecahan masalah:
·
Dalam Pemecahan masalah akan
muncul bermacam banyak keputusan yang akan dipilih.
·
Pengambilan Keputusan :
pemilihan strategi atau aksi yang diyakini oleh actor akan menghasilkan solusi
terbaik atas masalah tersebut.
·
Salah satu kunci pemecahan
masalah adalah identifikasi berbagai alternative keputusan.
B.
ELEMEN PEMECAHAN MASALAH
Terdapat
7 elemen pemecahan masalah:
1. Masalah
2. Standard
3. Informasi
4. Berbagai macam solusi
5. Kendala
6. Pemecah masalah
7. Solusi
C.
PROSES PEMECAHAN MASALAH DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN
Konsumen
menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit
usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen
ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1. Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan, misalnya
pembelian rumah.
2. Tersedianya waktu yang memadai
untuk pertimbangan yang mendalam untuk membeli produk.
3. Terdapat tingkat keterlibatan yang tinggi dalam menyertai pembelian.
Terdapat 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan
pembelian :
a) Motivasi merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai tujuan tertentu.
b) Persepsi merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian
yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
c) Pembentukan sikap merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang akan suatu hal.
d) Integrasi merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.
e) Pembelajaran merupakan proses belajar yang dilakukan seseorang setelah
membeli produk tersebut dengan melihat apakah produk tersebut memiliki kegunaan
dan akan dijadikan sebagai alternatif
dalam pembelian selanjutnya.
D.
IMPLIKASI PADA STRATEGI PEMASARAN
Penetapan
strategi akan tergatung pada bagaimana proses keputusan dilakukan oleh pembeli.
Implikasi strategi perilaku konsumen akhir akan dapat dilihat apakah konsumen
mengambil keputusan pembelian dalam situasi yang komplek, atas dasar kebiasaan atau
karena tidak banyak membutuhkan pertimbangan khusus untuk melakukan pembelian.
Pengambilan
keputusan kompleks
Proses
pengambilan dalam situasi yang komplek pada umumnya menganut pola:
·
Kebutuhani
·
Pemrosesan informasi oleh konsumen
·
Kebutuhan
·
Pemrosesan informasi oleh konsumen
Semua
ini saling berhubungan sebagai pengambilan keputusan.
-
Munculnya kebutuhan akan suatu produk
dapat disebabkan factor demografis, psikografis atau lingkungan eksternal
lainnya.
-
Adanya kebutuhan yang belum terpenuhi
akan mendorong seseorang untuk mencari informasi dan lebih tanggap terhadap
rangsangan atau stimuli yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan itu. Contohnya
melalui iklan , teman dan sebagaimya.
-
Konsumen akan melakukan evaluasi
terhadap berbagai merek produk yang di peroleh selama proses pencarian
informasi
-
Proses pembelian dilakukan setelah
dilakukan evaluasi terhadap berbagai criteria.
-
Perilaku pasca pembelian adalah
meerupakan proses evaluasi setelah seorang konsumen mempelajari atau mengetahui
lebih dalam tentang produk yang di beli, seperti kepuasan, ketidak puasan, dan
pertentangan.
Segmentasi pasar
Studi tentang proses
keputusan pembelian dilakukan untuk menentukan segmen pasar dan pada akhirnya
target pasar yang akan dilayani dengan produk perusahaan. Sebagai contoh, dalam
pembelian kamera, informasi yang diperoleh mungkin dapat dipergunakan untuk
membagi pasar kamera berkualitas ke dalam dua segmen: feature-oriented segment,
dan self confidence, quality-oriented segment.
Pengembangan produk
Pemahaman terhadap
kebutuhan konsumen akan berpengaruh terhadap proses pengembangan produk.
Penempatan posisi
produk dalam persaingan
Pemahaman terhadap
proses keputusan pembelian yang kompleks juga akan menentukan ketepatan pemasar
untuk memilih dan menempatkan posisi produk dalam persaingan.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar