A. PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Pengertian perilaku konsumen menurut para
ahli:
a. Schiffman dan Kanuk
Perilaku konsumen adalah proses
yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
bertindak pasca konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat
memenuhi kebutuhannya.
b. Mowen
Perilaku konsumen merupakan
aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau
jasa.
c. Engel, Blackwell dan Miniard
Menyatakan bahwa perilaku
konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi
dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan.
Dari defenisi diatas, perilaku
konsumen dapat diartikan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dimana
seseorang terlibat langsung dalam mecari, mendapatkan dan mengevaluasi produk
dan jasa.
Perilaku konsumen terdiri dari
beberapa tahap, yaitu:
1. Tahap Perolehan (acquition) :
mencari dan membeli
2. Tahap konsumsi (consumption) : menggunakan dan mengevaluasi
3. Tahap pasca beli (dispotition) : tindakan setelah produk digunakan.
B. PEMIKIRAN YANG BENAR TENTANG KONSUMEN
Konsumen
adalah pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat. Pemikiran yang
benar tentang konsumen adalah:
1. Konsumen adalah RAJA.
2. Motivasi dan perilaku konsumen dapat
dimengerti melalui penelitian.
3. Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui
kegiatan persuasif yang menghadapi konsumen secara serius sebagai pihak yang
berkuasa dan dengan maksud tertentu.
4. Bujukan dan pengaruh konsumen memiliki hasil
yang menguntungkan secara sosial asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada
pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
Bila
keempat premis ini diabaikan, maka konsekuensinya selalu negatif.
C. PEMIKIRAN KONSUMEN SEBAGAI SUATU BIDANG YANG DINAMIS
Konsumen
sebagai ilmu yang dinamis dikarenakan proses berpikir, merasakan dan aksi dari
setiap individu maupun kelompok konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang
dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran sangat menantang sekaligus
sangat sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan tempat tertentu
tapi gagal pada saat dan tempat lain. Untuk iu suatu perusahaan harus
senantiasa melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk meraih konsumennya. Karena
setiap konsumen mempunyai keputusan dalam membeli. Penelitian konsumen sebagai
suatu bidang yang dinamis yakni karena konsumen memiliki sifat yang
berbeda-beda.
Terdapat
tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu:
1. Pendekatan Interpretif yaitu pendekatan yang
menggali secara mendalam perilaku konsumen dan hal yang mendasarinya. Pendekatan
ini dilakukan melalui wawancara yang panjang dan focus discussion untuk
memahami produk dan jasa bagi konsumen.
2. Pendekatan Tradisional. Pendekatan ini
didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial dan behaviorial
serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku
dan pembuatan keputusan konsumen. Studi ini dilakukan melalui eksperimen dan
survey untuk menguji seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan
serta pengaruh lingkungan terhadap perilaku konsumen.
3. Pendekatan sains marketing yang didasari pada
teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan
dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki
kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi
marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang disebut dengan moving rate
analysis.
Ketiga
pendekatan ini sama-sama memiliki nilai tinggi dan memberikan pemahaman atas
perilaku konsumen da strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan
analisis yang berbeda.
SUMBER:
http://juniorsuryadilaga.wordpress.com/2013/01/09/pengertian-perilaku-konsumen-menurut-para-ahli/
http://fifi0406.blogspot.com/2012/10/bab-1-pendahuluan-perilaku-konsumen.html
http://esty.staff.uns.ac.id/definisi-perilaku-konsumen/
http://bobbykol.blogspot.com/2013/07/perilaku-konsumen.html
http://nonaninda.blogspot.com/2012/10/perilaku-konsumen_18.html
http://nonaninda.blogspot.com/2012/10/perilaku-konsumen_18.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar