Kamis, 03 Oktober 2013

PERILAKU KONSUMEN


  A. PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Pengertian perilaku konsumen menurut para ahli:
a.   Schiffman dan Kanuk
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan bertindak pasca konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya.
b.   Mowen
Perilaku konsumen merupakan aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa.
c.   Engel, Blackwell dan Miniard
Menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan.

Dari defenisi diatas, perilaku konsumen dapat diartikan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dimana seseorang terlibat langsung dalam mecari, mendapatkan dan mengevaluasi produk dan jasa.

Perilaku konsumen terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
1.   Tahap Perolehan (acquition)                : mencari dan membeli
2.   Tahap konsumsi (consumption)     : menggunakan dan mengevaluasi
3.   Tahap pasca beli (dispotition)       : tindakan setelah produk digunakan.

  B. PEMIKIRAN YANG BENAR TENTANG KONSUMEN

Konsumen adalah pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat. Pemikiran yang benar tentang konsumen adalah:
1.   Konsumen adalah RAJA.
2.   Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian.
3.   Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yang menghadapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu.
4.   Bujukan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
Bila keempat premis ini diabaikan, maka konsekuensinya selalu negatif.

  C. PEMIKIRAN KONSUMEN SEBAGAI SUATU BIDANG YANG DINAMIS

Konsumen sebagai ilmu yang dinamis dikarenakan proses berpikir, merasakan dan aksi dari setiap individu maupun kelompok konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran sangat menantang sekaligus sangat sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan tempat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat lain. Untuk iu suatu perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk meraih konsumennya. Karena setiap konsumen mempunyai keputusan dalam membeli. Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis yakni karena konsumen memiliki sifat yang berbeda-beda.
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu:
1.   Pendekatan Interpretif yaitu pendekatan yang menggali secara mendalam perilaku konsumen dan hal yang mendasarinya. Pendekatan ini dilakukan melalui wawancara yang panjang dan focus discussion untuk memahami produk dan jasa bagi konsumen.
2.   Pendekatan Tradisional. Pendekatan ini didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi ini dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan serta pengaruh lingkungan terhadap perilaku konsumen.
3.   Pendekatan sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang disebut dengan moving rate analysis.

Ketiga pendekatan ini sama-sama memiliki nilai tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen da strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda.

SUMBER:
http://juniorsuryadilaga.wordpress.com/2013/01/09/pengertian-perilaku-konsumen-menurut-para-ahli/
http://fifi0406.blogspot.com/2012/10/bab-1-pendahuluan-perilaku-konsumen.html
http://esty.staff.uns.ac.id/definisi-perilaku-konsumen/
http://bobbykol.blogspot.com/2013/07/perilaku-konsumen.html
http://nonaninda.blogspot.com/2012/10/perilaku-konsumen_18.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar